Fungsi Sub Menu Pada Menu Bar
Semua menu yang terdapat pada menu utama Microsoft word memiliki submenu yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan kelompoknya. Untuk lebih memudahkan kita bahas satu persatu.
IKON DAN SUB MENU PADA MENU FILE :
New > Ctrl+N >Membuat dokumen baru
Open > Ctrl+O >Untuk membuka dokumen yang tersimpan
Close > Alt+F4 >Untuk menutup dokumen yang aktif
Save > Ctrl+S > Untuk menyimpan dokumen aktif
Save As > Untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama dan diberi kesempatan mengganti nama file
Save as Web Page > Untuk menyimpan dokumen dalam bentuk htm
File Search > Untuk mencari dokumen
Page Setup > Untuk mengatur halaman yang akan dicetak
Print Preview > Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
Print > Ctrl+P >Untuk mencetak dokumen dan juga untuk mengatur halaman
Send To >Untuk mengirimkan dokumen
Properties > Untuk membuat rangkuman dari dokumen yang aktif
Exit > Untuk keluar dari word dan menutup seluruh dokumen
Ikon dan Sub Menu Dari menu Edit
Undo > Ctrl+Z > Untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan
Redo > Ctrl+Y > Untuk mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan Undo
Repeat > Untuk mengulangi perintah yang telah dilakukan
Cut > Ctrl+X > Untuk memotong atau menghapus teks atau gambar dan disimpan dalam clipboard
Copy > Ctrl+C > Untuk mengcopy atau menyalin file, teks atau gambar yang disimpan dalam clipboard
Paste > Ctrl+V > Untuk menampilkan teks atau gambar yang telah dicopy atau di cut
Select All > Ctrl+A > Untuk memilih/menyorot seluruh teks atau gambar yang akan diolah
Find > Ctrl+F > Untuk mencari teks atau kata dalam dokumen
Repleace > Ctrl+H > Untuk mengubah teks atau kata dalam dokumen
Go To > Ctrl+G >Untuk menuju ke halaman, footnote, endonote atau bagaian lain yang ada dalam dokumen
Ikon dan Sub Menu Dari menu View
Normal > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam mode normal
Web layout > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk web view
Outline > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk outline
Print Layout > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk Print View
Taks Pane > Ctrl+F1 > Untuk menampilkan dan menghilangkan taks pane
Toolbars > Untuk menampilkan dan menghilangkan toolbars
Ruler > Untuk menampilkan dan menghilangkan garis pengatur
Header and Footer > Untuk membuat judul di atas (header) dan membuat judul di bawah (footer)
Full screen > Untuk menampilkan dokumen dalam satu layer penuh
Magnifier > Untuk menampilkan dokumen berdasarkan pilihan pembesaran layar
Zoom > Untuk menentukan ukuran tampilan layar yang ditampilkan
Ikon dan Sub Menu Dari menu Insert
Page Break >Untuk menyisipkan belahan halaman
Page Number > Untuk menyisipkan nomor halaman baik di atas maupun di bawah
Date and Time > Untuk meyisipkan tanggal dan jam dalam dokumen
Symbol > Untuk menyisipkan symbol ke dalam dokumen
Footnote > Untuk menyisipkan catatan kaki dalam dokumen
Boolmark > Untuk menyisipkan tanda pada teks atau gambar, grafik atau lainnya ke dalam dokumen
Hyperlink > Ctrl+K > Untuk menyisipkan teks hyperlink pada lembar kerja yang berguna untuk dalam pembuatan shortcut dalam pembukaan dokumen yang tersimpan di internet, jaringan
Tekx Box > Untuk menyisipkan tek atau gambar pada kotak dalam dokumen
File > Untuk menyisipkan suatu file ke dalam dokumen
Insert Excel Spreadshhet > Untuk menyisipkan lembar kerja excel kedalam dokumen word
Diagram > Untuk menyisipkan digram/grafik kedalam dokumen
WordArt > Untuk menyisipkan teks yang mengandung seni kedalam dokumen
ClipArt > Untuk menyisipkan gambar ClipArt melalui Microsoft ClipArt Gallery kedalam dokumen
Object > Untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
Autoshapes > Untuk menyisipkan gambar tertentu dari tollbar kedalam dokumen
Equation Editor > Untuk menyisipkan rumus matematika kedalam dokumen
Ikon dan Sub Menu Dari menu Format
Font > Untuk memilih jenis huruf yang diinginkan
Paragraph > Untuk menentukan indentasi, spasi, spasi antar paragraph dalam dokumen
Bullets and Numbering > Untuk menyisipkan bullets dan nomor pada teks yang terpilih dalam dokumen
Border and Shading > Untuk membuat border atau bingkai
Column > Untuk membuat dokumen menjadi beberapa kolom atau membuat seperti kolom Koran
Tab > Untuk menentukan posisi dari tempat berhentinya tabulasi (tab) dalam dokumen
Drop Cap > Untuk membuat huruf pertama pada teks ataupun paragraph menjadi huruf yang besar.
Text Direction > Untuk merubah orientasi teks pada dokumen
Change Case > Untuk merubah teks menjadi huruf besar semua, kecil semua, huruf besar pada tiap kata atau sebaliknya
Background > Untuk memberi warna belakang pada lembar kerja yang aktif
Ikon dan Sub Menu Dari menu Tools
Spelling and Grammar > Untuk menjalankan fasilitas pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraph
Dictionary > Untuk menjalankan fasilitas kamus dalam dokumen
Grammar > Untuk pengaturan tata bahasa dalam dokumen
Word Count > Untuk memberikan data statistic tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraph atau baris pada dokumen yang aktif
AutoCorrect > Untuk memperbaiki teks secara otomatis
Track Change > Untuk melihat pengubahan pada dokumen yang telah dilakukan, menerima atau menolak pengubahan yang telah dilakukan
Compare Documents > Untuk membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya
Merge Documents > Untuk menggabungkan dokumen aktif yang telah diubah oleh track changes ke dalam dokumen yang telah dispesifikasikan
Protect Documents > Untuk melindungi dokumen agar aman dari pengubahan didalam dokumen
Ikon dan Sub Menu Dari menu Table
Insert > Untuk menyisipkan table baru ke dalam dokumen, menyisipkan kolom baris serta sel
Delete Table > Untuk menghapus table
Delete Rows > Untuk menghapus baris
Delete Column > Untuk menghapus kolom
Delete Cells > Untuk menghapus sel
Select Tabel > Untuk memilih atau menyeleksi table
Select Rows > Untuk memilih atau menyeleksi baris
Select Column > Untuk memilih atau menyeleksi kolom
Select Cells > Untuk memilih atau menyeleksi sel
TableAutoFormat > Untuk membuat format table secara otomatis
Merge Cells > Untuk menggabungkan beberapa kolom atau baris
Split Cells > Untuk membagi kolom menjadi beberapa baris dan kolom
Split Table > Untuk membagi table menjadi dua table
Sort > Untuk mensortir data atau mengurutkan data
Formula > Untuk memasukkan rumus dalam melakukan perhitungan pada table
Hide Gridlines > Untuk menampilkan atau menyembunyikan garis Bantu
Ikon dan Sub Menu Dari menu Window dan Help
New window > Untuk memperlihatkan dokumen yang sama dalam jendela yang berbeda
Arrange All > Untuk mengatur jendela dari dokumen aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dalam waktu yang sama
Split > Untuk membagi menjadi dua bagianpada dokumen aktif, agar dapat melihat bagian yang berbeda pada waktu yang sama
About Microsoft Word > Untuk menampilkan kotak dialog tentang Microsoft word yang kalian gunakan dan seterusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar