Jumat, 18 Februari 2011

MATERI KELAS VIII "FUNGSI MENU DAN IKON PADA PROGRAM PENGOLAH KATA"

Fungsi Sub Menu Pada Menu Bar
Semua menu yang terdapat pada menu utama Microsoft word memiliki submenu yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan kelompoknya. Untuk lebih memudahkan kita bahas satu persatu.

IKON DAN SUB MENU PADA MENU FILE :

New > Ctrl+N >Membuat dokumen baru
Open > Ctrl+O >Untuk membuka dokumen yang tersimpan
Close > Alt+F4 >Untuk menutup dokumen yang aktif
Save > Ctrl+S > Untuk menyimpan dokumen aktif
Save As > Untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama dan diberi kesempatan mengganti nama file
Save as Web Page > Untuk menyimpan dokumen dalam bentuk htm
File Search > Untuk mencari dokumen
Page Setup > Untuk mengatur halaman yang akan dicetak
Print Preview > Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
Print > Ctrl+P >Untuk mencetak dokumen dan juga untuk mengatur halaman
Send To >Untuk mengirimkan dokumen
Properties > Untuk membuat rangkuman dari dokumen yang aktif
Exit > Untuk keluar dari word dan menutup seluruh dokumen


Ikon dan Sub Menu Dari menu Edit

Undo > Ctrl+Z > Untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan
Redo > Ctrl+Y > Untuk mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan Undo
Repeat > Untuk mengulangi perintah yang telah dilakukan
Cut > Ctrl+X > Untuk memotong atau menghapus teks atau gambar dan disimpan dalam clipboard
Copy > Ctrl+C > Untuk mengcopy atau menyalin file, teks atau gambar yang disimpan dalam clipboard
Paste > Ctrl+V > Untuk menampilkan teks atau gambar yang telah dicopy atau di cut
Select All > Ctrl+A > Untuk memilih/menyorot seluruh teks atau gambar yang akan diolah
Find > Ctrl+F > Untuk mencari teks atau kata dalam dokumen
Repleace > Ctrl+H > Untuk mengubah teks atau kata dalam dokumen
Go To > Ctrl+G >Untuk menuju ke halaman, footnote, endonote atau bagaian lain yang ada dalam dokumen

Ikon dan Sub Menu Dari menu View

Normal > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam mode normal
Web layout > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk web view
Outline > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk outline
Print Layout > Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk Print View
Taks Pane > Ctrl+F1 > Untuk menampilkan dan menghilangkan taks pane
Toolbars > Untuk menampilkan dan menghilangkan toolbars
Ruler > Untuk menampilkan dan menghilangkan garis pengatur
Header and Footer > Untuk membuat judul di atas (header) dan membuat judul di bawah (footer)
Full screen > Untuk menampilkan dokumen dalam satu layer penuh
Magnifier > Untuk menampilkan dokumen berdasarkan pilihan pembesaran layar
Zoom > Untuk menentukan ukuran tampilan layar yang ditampilkan

Ikon dan Sub Menu Dari menu Insert

Page Break >Untuk menyisipkan belahan halaman
Page Number > Untuk menyisipkan nomor halaman baik di atas maupun di bawah
Date and Time > Untuk meyisipkan tanggal dan jam dalam dokumen
Symbol > Untuk menyisipkan symbol ke dalam dokumen
Footnote > Untuk menyisipkan catatan kaki dalam dokumen
Boolmark > Untuk menyisipkan tanda pada teks atau gambar, grafik atau lainnya ke dalam dokumen
Hyperlink > Ctrl+K > Untuk menyisipkan teks hyperlink pada lembar kerja yang berguna untuk dalam pembuatan shortcut dalam pembukaan dokumen yang tersimpan di internet, jaringan
Tekx Box > Untuk menyisipkan tek atau gambar pada kotak dalam dokumen
File > Untuk menyisipkan suatu file ke dalam dokumen
Insert Excel Spreadshhet > Untuk menyisipkan lembar kerja excel kedalam dokumen word
Diagram > Untuk menyisipkan digram/grafik kedalam dokumen
WordArt > Untuk menyisipkan teks yang mengandung seni kedalam dokumen
ClipArt > Untuk menyisipkan gambar ClipArt melalui Microsoft ClipArt Gallery kedalam dokumen
Object > Untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
Autoshapes > Untuk menyisipkan gambar tertentu dari tollbar kedalam dokumen
Equation Editor > Untuk menyisipkan rumus matematika kedalam dokumen

Ikon dan Sub Menu Dari menu Format

Font > Untuk memilih jenis huruf yang diinginkan
Paragraph > Untuk menentukan indentasi, spasi, spasi antar paragraph dalam dokumen
Bullets and Numbering > Untuk menyisipkan bullets dan nomor pada teks yang terpilih dalam dokumen
Border and Shading > Untuk membuat border atau bingkai
Column > Untuk membuat dokumen menjadi beberapa kolom atau membuat seperti kolom Koran
Tab > Untuk menentukan posisi dari tempat berhentinya tabulasi (tab) dalam dokumen
Drop Cap > Untuk membuat huruf pertama pada teks ataupun paragraph menjadi huruf yang besar.
Text Direction > Untuk merubah orientasi teks pada dokumen
Change Case > Untuk merubah teks menjadi huruf besar semua, kecil semua, huruf besar pada tiap kata atau sebaliknya
Background > Untuk memberi warna belakang pada lembar kerja yang aktif


Ikon dan Sub Menu Dari menu Tools

Spelling and Grammar > Untuk menjalankan fasilitas pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraph
Dictionary > Untuk menjalankan fasilitas kamus dalam dokumen
Grammar > Untuk pengaturan tata bahasa dalam dokumen
Word Count > Untuk memberikan data statistic tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraph atau baris pada dokumen yang aktif
AutoCorrect > Untuk memperbaiki teks secara otomatis
Track Change > Untuk melihat pengubahan pada dokumen yang telah dilakukan, menerima atau menolak pengubahan yang telah dilakukan
Compare Documents > Untuk membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya
Merge Documents > Untuk menggabungkan dokumen aktif yang telah diubah oleh track changes ke dalam dokumen yang telah dispesifikasikan
Protect Documents > Untuk melindungi dokumen agar aman dari pengubahan didalam dokumen


Ikon dan Sub Menu Dari menu Table

Insert > Untuk menyisipkan table baru ke dalam dokumen, menyisipkan kolom baris serta sel
Delete Table > Untuk menghapus table
Delete Rows > Untuk menghapus baris
Delete Column > Untuk menghapus kolom
Delete Cells > Untuk menghapus sel
Select Tabel > Untuk memilih atau menyeleksi table
Select Rows > Untuk memilih atau menyeleksi baris
Select Column > Untuk memilih atau menyeleksi kolom
Select Cells > Untuk memilih atau menyeleksi sel
TableAutoFormat > Untuk membuat format table secara otomatis
Merge Cells > Untuk menggabungkan beberapa kolom atau baris
Split Cells > Untuk membagi kolom menjadi beberapa baris dan kolom
Split Table > Untuk membagi table menjadi dua table
Sort > Untuk mensortir data atau mengurutkan data
Formula > Untuk memasukkan rumus dalam melakukan perhitungan pada table
Hide Gridlines > Untuk menampilkan atau menyembunyikan garis Bantu

Ikon dan Sub Menu Dari menu Window dan Help

New window > Untuk memperlihatkan dokumen yang sama dalam jendela yang berbeda
Arrange All > Untuk mengatur jendela dari dokumen aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dalam waktu yang sama
Split > Untuk membagi menjadi dua bagianpada dokumen aktif, agar dapat melihat bagian yang berbeda pada waktu yang sama
About Microsoft Word > Untuk menampilkan kotak dialog tentang Microsoft word yang kalian gunakan dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar