Kamis, 10 Februari 2011

MATERI KELAS IX ''MENGENAL INTERNET''

Mengenal Internet

          Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Jaringan internet sering digambarkan sebagai sebuah awan internet (internet clouds), yaitu logikanya sebagai gambaran jaringan komputer yang terdiri dari banyak komputer di seluruh dunia yang saling terhubung satu dengan yang lain dan tidak mungkin dipetakan lagi. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa artinya semua pengguna internet mempunyai hak yang sama.
         Selain internet kita juga mengenal istilah intranet, antara keduanya mempunyai kesamaan sebagai jaringan komputer akan tetapi jaringan intranet berbeda dengan internet. Jaringan intranet dibangun dalam lingkup tertentu dan terbatas misalnya jaringan intranet sebuah perusahaan, yang bisa masuk dalam jaringan tersebut adalah anggota yang diberi kewenangan akses oleh administrator (penguasa) jaringan tersebut. Jadi tidak semua orang bisa masuk dalam jaringan intranet, berbeda dengan internet yang siapa saja bisa mengakses tanpa kecuali.

 Dua peranan pokok internet :
1. sebagai sumber data dan informasi
2. sebagai sarana pertukaran data dan informasi

Sejarah Perkembangan Internet
Pada tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA) milik departemen pertahanan amerika membuat sebuah jaringan komputer yang disebut ARPANET untuk keperluan penelitian. Inilah cikal bakal adanya internet di kemudian hari. ARPANET kemudian dikembangkan di dunia perguruan tinggi yang dimulai oleh University of California, Stanford Research Institute dan University of Utah. Sejak saat itu penggunaan internet kemudian meluas meski dalam kalangan terbatas. Tahun 1986 internet kemudian dipergunakan secara terbuka untuk umum.

Berbagai Aplikasi Internet
Ada beberapa aplikasi internet yang sering digunakan para pengguna internet, yaitu :

1. world wide web (www)
    Aplikasi World Wide Web atau WWW paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server di seluruh dunia agar bisa diakses oleh siapa saja. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan bahasa Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan melakukan link, yaitu menghubungkan dokumen web satu ke dokumen web lainnya. Aktivitas membuka aplikasi WWW disebut browsing dan perangkat lunak/software yang dipakai untuk membuka aplikasi WWW disebut software browser. Contoh software browser antara lain : Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozzilla, Opera, Mozilla Firefox, avant browser, dll.
2. Electronic Mail (Email)
    Email atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Untuk bisa mengirim atau menerima email syaratnya harus mempunyai account email. Lewat email bisa mengirim pesan, file dokumen, gambar, dsb. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat karena bisa menjangkau seluruh pelosok dunia.
3. Mailing List (Milis)
    Mailing List atau sering disebut dengan milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis. Syarat berkomunikasi menggunakan milis adalah mempunyai account email dan terdaftar sebagai anggota milis. Perbedaan email dengan milis adalah email merupakan sarana komunikasi pribadi/individu, sedangkan milis adalah sarana komunikasi dalam sebuah kelompok.
4. Newsgroup
    Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Anggota forum newsgroup biasanya mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topik-topik tertentu, misalnya forum mengenai musik, film, otomotif, dll.
5. Internet Relay Chat (IRC)
    IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet, atau dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks (tulisan). Contoh software/program untuk chatting : Mirc, Yahoo Messenger, Gaim, ICQ Messenger dll.
6. File Transfer Protocol (FTP)
   FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari komputer lain melaui internet dengan cepat. FTP selalu berhubungan dengan aktivitas mengambil file/data dari internet (download) dan mengirim file/data ke internet (upload).
7. Telnet
    Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer lain yang letaknya melalui internet. Dengan telnet kita bisa menjalankan komputer orang lain dari komputer kita dengan syarat mengetahui IP Address komputer yang akan dijalankan serta mempunyai hak akses (user ID dan password) di komputer yang akan dijalankan tersebut.
8. Gopher
    Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun informasi yang dicari baru terbatas pada teks (tulisan) saja. Di internet juga dikenal adanya mesin pencari (search engine) yang bisa mencari dokumen web, teks, gambar, video, file dokumen, dll dengan cara mengetikan kata kunci dari apa yang akan dicari.
9. Ping
    Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher, digunakan untuk melakukan tes koneksi dengan cara mengirimkan sejumlah packet data. Dengan ping kita bisa mengetahui apakah komputer kita terhubung dengan komputer lain di internet atau tidak. Tes koneksi dengan ping dilakukan lewat DOS PROMPT akan menghasilkan pesan yang menunjukkan komputer sambung atau putus dengan internet, yaitu pesan Request Time Out menunjukkan koneksi/hubungan terputus dan pesan reply from ……………………………. menunjukkan koneksi/hubungan tersambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar