Kamis, 10 Februari 2011

MATERI KELAS IX ''JARINGAN KOMPUTER DAN KOMUNIKASI DATA"

Apa itu jaringan komputer ??
        Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan untuk saling bertukar informasi. Dalam suatu jaringan komputer harus ada komputer server dan komputer client. Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada dalam jaringan tersebut dan berfungsi sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh komputer client dan dapat berfungsi sebagai gateway.

Manfaat jaringan komputer :
  • Membagi sumber daya  
         Dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file, dan program-program
  • Rehabilitas tinggi 
          Memungkinkan kita untuk mengopikan data-data ke dua atau tiga komputer, bahkan lebih. Dengan demikian, apabila salah satu komputer rusak dan data-data yang disimpan didalamnya hilang, kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain. Hal ini akan menguntungkan karena kita tidak terhambat, meskipun ada kompute yang rusak ataupun data-data yang hilang.
  • Menghemat uang 
          Dengan menggunakan jaringan perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang, sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawan.
  • Sarana komunikasi 
          Dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika memberikan pengumuman rapat, pemimpin perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada stafnya. Pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu : 
 

1. Local Area Network (LAN) , merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Lihat gambar 1.1 untuk lebih jelasnya.


2. Metropolitan Area Network (MAN) , pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota. Lihat gambar 1.2 untuk lebih jelasnya.


3. Wide Area Network (WAN) , jangkauannya mecakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.


4. Internet , pada dasarnya internet merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Hal ini terjadi karena orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung jaringan lainnya. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

5. Jaringan Tanpa Kabel , merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

gambar 1.1
gambar 1.2

 



Topologi Jaringan komputer

      Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, dan star. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.
  1. Topologi Bus
image002


Keuntungan
• Hemat kabel
• Layout kabel sederhana
• Mudah dikembangkan

Kerugian
• Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
• Kepadatan lalu lintas
• Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
• Diperlukan repeater untuk jarak jauh

2. Topologi Token Ring
    Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.
image004


Keuntungan
• Hemat Kabel

Kerugian
• Peka kesalahan
• Pengembangan jaringan lebih kaku

3. Topologi Star
    Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan ainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.
image007


Keuntungan
• Paling fleksibel
• Pemasangan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
• Kontrol terpusat
• Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
• Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian
• Boros kabel
• Perlu penanganan khusus
• Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

Sistem koneksi internet (intranet)
Komponen internet terdiri dari :
  • Hardware yaitu perangkat keras berupa komputer. Komputer yang dapat dipakai untuk internet yaitu Personal Computer dan Notebook. Disamping komputer diperlukan juga perangkat keras seperti modem, telepon/HP, microphone, dan camera, dsb. Tetapi perlu diingat bahwa perangkat keras selain komputer tidak harus ada, sebab dengan cara koneksi internet yang berbeda akan diperlukan perangkat keras yang berbeda pula.
  • Perangkat Lunak / Software yang diperlukan antara lain software sistem operasi, software router/gateway, dan software browser. Perangkat lunak aplikasi dapat menggunakan Cute FTP. IRC, Yahoo Mesengger, Outlooh Express, dsb.
  • Internet Servis Provider / ISP agar komputer dapat terhubung internet maka perlu menghubungi jasa operator internet (ISP) terlebih dahulu. Salah satu ISP yang dapat dimanfaatkan adalah ISP dari Telkom yang disebut Telkomnet Instant.
  • Teknisi Komputer diperlukan agar komputer-komputer di atas dapat berfungsi dengan baik maka perlu adanya teknisi komputer untuk mengoperasikan pertama kalinya 
Kecepatan Akses Internet menjadi salah satu pertimbangan didalam membuat jaringan internet. kecepatan akses yang tinggi dapat membuat pengguna internet merasa lebih nyaman. kecepatan akses internet dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti hardware, desain jaringan, dan media koneksi. Kecepatan akses internet dinyatakan dengan Kbps (kilobyte per second). Beberapa contoh kecepatan akses internet antara lain: a) Koneksi dengan menggunakan Modem LC, kecepatannya beragam mulai dari 14,4 Kbps sampai dengan 2 Mbps. b) Koneksi dengan Modem ADSL, kecepatannya mencapai 2 Mbps. c) Koneksi Dial Up mencpai 56 Kbps. d) Koneksi dengan GPRS mencapai 115 Kbps. e) Koneksi melalui WiFi mencapai 11 Mbps. f) Koneksi dengan menggunakan TV kabel mencapai 38 Mbps. g) Koneksi dengan wireless broadband mencapai 512 Kbps. h) Koneksi dengan menggunakan speedy mencapai 384 Kbps.

















        















Tidak ada komentar:

Posting Komentar